BATTLE LA

My comment : "If you liked Black Hawk Down, you will definitely love this movie."


Saya memulai menulis review film Battle LA masih dalam suasana hati yang dongkol kepada pemerintah, terutama kepada kebijakan pemerintah yang membuat film ini tidak dapat diputar di seluruh bioskop Indonesia (anda pasti sudah tahu kebijakan apa yang saya maksud).
Dua jempol buat sutradara film ini, untuk menghadirkan spesial effect yang luar biasa. Dan alasan untuk bisa menyaksikan spesial effect secara utuh ini hanya bisa kita nikmatin di bioskop 21. Tapi sayangnya tidak bisa, gara-gara aturan gila pemerintah kita distandard pajak film asing. Kita hanya bisa menyaksikannya melalui "Home Theater" kita saja. Sungguh kesal !



Film berkisah tentang pertempuran yang dahsyat satu pleton tentara Marinir Amerika melawan invasi Alien dikota Los Angles. Invasi Alien dikota Los Angles ? Ya, saya tidak salah tulis. Dan perlu diketahui bahwa film Battle LA terinspirasi dari kisah nyata yang benar-benar terjadi di Los Angles pada malam tanggal 24 - 25 February 1942. Dan pertempuran itu terdokumentasi dengan baik oleh pihak militer Amerika !

Di 15 menit pertama film hanya menceritakan seputar kehidupan masing-masing anggota Marinir Amerika di Camp Pendleton. Tapi sejak 15 menit kemudian sampe ending credit film muncul, kita disuguhkan "pameran special effect" dan aksi seru tembak-tembakan yang tegang serta menakjubkan ! Kudos untuk team spesial effect film ini. Saya bener-bener terhibur jungkir balik dibuat film ini. Boleh dibilang Battle LA filmnya laki !


Aaron Eckhart (Staff Sergeant Nantz) berperan maksimal difilm ini, dan jangan lupa ada si tomboy seksi Michelle Rodriguez yang berperan sebagai cewek marinir. Mereka ditugaskan untuk menyelamatkan penduduk sipil yang masih tersisa di wilayah Santa Monica (LA) saat Alien telah berhasil masuk ke wilayah tersebut. Tidak terelakkan lagi, sajian pertempuran seru manusia versus alien dapat kita nikmati dengan dahaga yang terpuaskan di film ini. Bener-bener "Eye Catching" khususnya buat anak laki yang suka film perang-perangan. Bagi yang sudah nonton film "Black Hawk Down" anda akan merasakan atmosfir yang hampir sama. Bedanya musuh difilm ini bukan pejuang Somalia, melainkan Alien dengan teknologi senjatanya yang jauh lebih baik dan lengkap.


Sejarah Battle LA yang asli :

Insiden pertempuran militer Amerika dengan UFO sebenarnya terjadi pada tanggal 24-25 Februari 1942 dikota Los Angles. Saat itu militer Amerika mendeteksi adanya pergerakan benda terbang tak dikenal yang membuat panik warga Los Angles saat itu. Sebuah benda raksasa beserta iring-iringan kecil terlihat dilangit LA, dan membuat pihak militer melakukan respon dengan melakukan tembakan bertubi-tubi ke arah benda tak dikenal tersebut. Ajaibnya benda tak dikenal itu tidak bergeming sama sekali.Suara sirene meraung-raung dan pihak otoritas kota sempat meminta pada penduduk untuk tidak keluar rumah. Listrik mati total dan militer bersiaga penuh dikota tersebut. Suasana bener-bener mencekam ! Dan ini semua terdokumentasi dengan baik oleh pihak militer Amerika. Dan sampai saat ini menjadi salah satu misteri terbesar, benda apakah tersebut yang menggantung di kota LA saat itu.

Bagi para pembaca yang ingin membaca ulasan sejarah lengkapnya dapat klik ke : http://xfile-enigma.blogspot.com/2009/07/pertempuran-militer-amerika-dengan-ufo.htm 

Gambar asli Battle LA yang terjadi di bulan Februari 1942

Synopsis :
Film action perang bertemakan invasi Alien diplanet bumi yang dihadang dengan kekuatan militer AS.Ide cerita tidak original (sudah biasa), but kita akan terhibur sekali dengan action dan spesial effect yang disajikan difilm ini. Sangat enak ditonton bagi anak laki-laki tentunya. :p

Adi's Score : Dari 5 popcorn yang tersedia saya kasih 3 popcorn !

Cast : Aaron Eckhart, Michelle Rodriguez, Bridget Moynahan, Ramon Rodriguez.
Running time : 1 hour 56 Minutes
Directed By: Jonathan Leibesman