THE RITE

My comment : "Be careful, choosing for not believe in the devil doesn't protect you from him." 

The Rite dalam kamus bahasa inggris diartikan sebagai "upacara atau ritual." Yup, film ini memang berkisah tentang ritual Exorcise (ritual mengusir setan) yang sudah pernah difilmkan sebelumnya seperti The Last Exorcist , The Exorcist dan The Exorcism of Emily Rose. The Rite memang mengambil tema yang tidak asing lagi , tapi juga menghadirkan sisi berbeda dari film 'pengusiran setan' yang pernah ada. Kali ini yang kerasukan setan bukan hanya sang pasien, tapi juga sang pastur (sipengusir setan itu sendiri). Aah, bagaimana pulak ini ceritanya...penasaran khan ?

Hebatnya, film ini terinspirasi dari kisah nyata yang pernah terjadi yaitu kisah Pastur Thomas Gray.




















Anthony Hopkins (berperan sebagai pastur Lucas Trevant) yang dalam sejarah aslinya Lucas Trevant adalah si pastur Thomas Gray seorang pendeta dari Vatikan yang diakui Gereja Katolik Roma dan Vatikan sebagai pengusir setan yang resmi. Pastur Lucas Trevant telah memiliki jam terbang yang sangat tinggi dalam hal usir-mengusir setan / devil dari tubuh para pasien. Dan suatu ketika saat dia harus membimbing penerusnya pastur Michael Kovak (diperankan Colin O'Donaghue) , pastur Lucas Trevant mengalami sendiri pengalaman pahit kesurupan salah satu setan paling ganas bernama BA'AL.

Akting Hopkins memang sudah standard jaminan mutu, sangat impresif dan hebat. Belum pernah saya melihat akting Hopkins yang kesurupan dan menurut saya inilah salah satu akting terbaik Hopkins setelah berperan sebagai Dr.Hanibal di Silence of  the Lamb.



The Rite menurut saya tidak tepat dikatakan sebagai film Horror, lebih tepatnya Psychology Thriller. Yang menceritakan kisah perjuangan sang pastur melawan iblis / setan yang sebenarnya ada disetiap insan manusia. Tergantung bagaimana kita bisa meredam iblis dari tubuh kita untuk menjadi malaikat dan menjadi manusia yang baik dan berguna. Coba anda katakan, siapa yang tidak pernah berbuat dosa selama hidupnya ?

The Real Father Lucas Trevant :

Pastur Lucas Trevant dalam film ini sebenarnya salah nama, aslinya adalah Father Thomas Gray. Film ini memang bermaksud menceritakan kisah tentang pastur Thomas Gray. Pastur Thomas Gray sendiri memang benar-benar ada dan telah melakukan ritual pengusiran setan lebih dari 2000 kali. Beliau mendapat sertifikat resmi dari Vatikan sebagai pastur 'Pengusir Setan' yang resmi.
Sedangkan pastur Michael Kovak adalah pastur yang ditugaskan gereja Roma sebagai penggantinya kelak. Tapi diakhir kisah pastur Michael Kovak kembali ke Amerika dan menetap disana.


Synopsis : Film psychology thriller yang menceritakan kisah perjuangan melawan setan pastur Lucas Trevant dan kisah pastur Michael Kovak. Film yang berlokasi sutting di Amerika dan Roma ini mengambil tema 'Pengusiran Setan' yang tidak lazim. Dan akting Anthony Hopkins disini memang bener2 top markotop !

"One of the Hopkins creepy performance since Silence of The Lamb ! "

Dari 5 Popcorn yang tersedia saya beri 3 Popcorn

Cast : Anthony Hopkins , Colin O'Donaghue
Running Time : 1 hour 52 minutes
Directed by  :  Mikael Halstrom

0 comments:

Post a Comment